Jenis Bunga, Menurut Fungsi Dan Karakter Simbolik

Bunga-Mawar

Bunga,  flos , flower atau biasa disebut kembang. Termasuk salah alat reproduksi tumbuhan pada jenis tertentu. Sebelum menjadi terjadi pembuahan akan tumbuh bunga terlebih dahulu dalam proses pertumbuhan tanaman.

Yang membedakan kelompok bunga yaitu cara tumbuhnya. Bunga majemuk, tumbuh dengan bersama (beberapa bunga) pada satu tangkai. Sedangkan bunga tunggal tumbuh hanya satu dan pada satu tangkai tidak secara bersamaan.

Di lingkungan hidup sekitar kita, termasuk Indonesia terdapat banyak jenis tumbuhan berbunga dengan bentuk, warna, karakteristik dan fungsi yang berbeda. Ada yang untuk hiasan, untuk reproduksi menghasilkan buah dan ada pula bunga mematikan.

Mungkin yang sering kita tau dan dengar bunga melati, mawar, matahari, anggrek dan lainnya. Sebenarnya ada banyak bunga yang harus kita ketahui sesuai dengan manfaat bagi kita.berikut macam-macam bunga dengan fungsi dan karakter yang berbeda beda:

Bunga Hias

Bunga matahari

Bunga Matahari
flower.coo

Jenis kembang ini sangat populer, dari ciri khas warna kuningnya yang membuat perhatian pandangan mata kita. Dari ukuran kelopaknya yang terbilang besar dengan ukuran yang dapat mencapai diameter 25- 30 cm. Baca selengkapnya Bunga matahari.

Tak heran jika beberapa orang menanam tumbuhan yang bernama latin Helianthus annuus di sekitar rumahnya. Karena dapat mengalihkan penglihatan orang sekitar untuk melihat dan mendekatinya.

Bunga mawar

Bunga
bunga

Meski batangnya berduri, mawar banyak yang menafsirkan lambang kecantikan. Orang barat menamainya Rose, dengan warna khas merah merona seperti habis dicium nona.

Bunga melati

bunga melati

Pasangan dari mawar, melati. Tak terpisahkan antara si merah dan si putih keduanya karena khas cantik dan indahnya. Bunga melati terkenal dengan sebutan puspa bangsa, dan biasa digunakan dalam acara upacara pernikahan dalam beberapa suku di Indonesia.

Bunga kaktus

Kaktus hias

Kaktus tak kalah unik dan menarik dengan macam-macam bunga diatas. Meski biasa tumbuh di gurun pasir panas, kaktus juga dapat menjadi tanaman hias. Boleh dicoba, lain dari yang lain. Baik kaktus mini yang ditanam dalam pot dan diletakkan di atas meja maupun kaktus yang ditanam pada halaman rumah.

Bunga kantong semar

Bunga kantung semar

Bentuknya yang unik menjadi momok tersendiri bagi serangga, karena bunga ini adalah pemakan serangga. Dengan hinggapnya serangga disekitar lubang terbuka bunga lalu akan tertutup seketika dan serangga akan diproses menjadi asam amino yang berguna sebagai nitrogen tanaman kantong semar.

Bunga tulip

kembang tulip

Bunga sepatu

bunga sepatu

Bunga anggrek

anggrek

Bunga sakura

bunga sakura hiasan

 

 

Bunga Pembuahan

Bunga jeruk

bunga jeruk

Terjadinya pembuahan tak lepas dari pembungaan, sebelum terbentuknya jeruk, bunga  jeruk akan lebih dulu bereproduksi karena berkelamin dua yang dibantu oleh serangga dalam prosesnya. Dan juga termasuk bunga tunggal.

Indah bunganya manis buahnya anggun melihat tanaman hijaunya, jeruk.

Bunga strawberry

bunga buah strawberry

Kecil mungil, bunga pembuahan pada strawberry. Bereproduksi secara penyerbukan mandiri tanpa harus dibantu, dengan jatuhnya benang sari ke kepala putik.

Bunganya mungil, buahnya merah, enak, jadi pengen makan dah.

Bunga padi

tanaman padi
tanaman padi

Yang kita makan sehari-hari nasi. Tanaman padi dapat menjadi beras juga dengan proses berbunga lho.

Pada proses pembungaan, kelopak akan terbuka, kemudian serbuk  sari akan terjatuh putik kemudian terjadi pembuahan.

Bunga simbol kematian

Bunga kamboja

bunga kamboja
bunga-wayahna

Kok aura nya jadi beda, horror.

Mungkin sering kita jumpai tanaman ini di daerah pemakaman-pemakaman.  Dan tak sedikit pula yang takut untuk memeliharanya. Namun tak usah khawatir bunga kamboja yang indah akan memberi efek religi tersendiri bagi yang menanamnya sebagai hiasan. Tergantung seseorang dalam menilainya, sebagai kembang kematian atau hanya sekedar seperti kembang yang lain.

Tak usah takut beberapa warga di kampung halamanku juga menanamnya sebagai tanaman hias, Termasuk penulis.

Bunga lily

bunga lili lily

Orang-orang Mesir kuno dan sebagian negara lain menganggap lily sebagai simbol kesuburan dan terlahirnya kembali. Namun tak sedikit pula yang memaknainya sebagai dead flower. biasa di tanamkan atau ditaburkan pada makam bayi dan balita.

read more :

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: