Bunga Matahari – Jenis Fakta Manfaat Dan Cara Menanam

bunga matahari big smile

Bunga matahari, sun flower, nama latinnya Helianthus annuus L. Ketika telah menyebut bunga kuning matahari maka akan mengingatkan kita pada kwaci, buka nya lama makannya cepet. 😀

Bentuk dan warnanya yang menyerupai matahari membuat daya tarik tersendiri untuk membudidayakan-nya, maka tak heran bila beberapa negara menjadikan bunga heliamthus annuss L sebagai tanaman hias.

Di Kansas, Amerika bunga matahari dinobatkan sebagai bunga resmi kenegaraan. Tak beda jauh di Ukraina juga dijadikan bunga nasional. Bunga kebesaran negara lho.

Fakta Mengenai Bunga Matahari

Dengan ciri-ciri : tumbuh tinggi dapat mencapai 1-2 m, bunganya berwarna kuning cerah, dengan khas pada kepala bunga yang berukuran besar (bunga mencapai diameter  30 cm) dan tumbuh secara majemuk (dalam satu tangkai terdapat beberapa bunga).

Bunga yang berasal dari daerah subtropis ini juga dapat tumbuh di daerah tropis, di daratan rendah maupun pegunungan. Karena dengan adanya sinar matahari yang cukup dan tanah yang mendukung akan menjadi faktor utama pertumbuhan helianthus annus secara baik.

Sebagai hiasan, kebun atau taman rumah kota maupun pedesaan sangat banyak dijampai. Tak jarang pulabeberapa orang menanam kembang matahari sebagai tanaman hias di sekitar.

Bunga matahari selalu mengikuti arah sinar matahari. Layaknya tumbuhan lain yang tumbuh dengan cara mengikuti gerak matahari. Namun yang membuat berbeda pada tumbuhan ini adalah selalu menoleh dimana matahari bergerak. Bila matahari muncul dari timur maka bunga dan daunpun mengikutinya hingga matahari terbenam lagi ke barat.

Dapat menghasilkan ribuan biji kwaci yang dikonsumsi dengan berbagai manfaat antara lain : menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan tulang, menenangkan pembuluh darah otot dan saraf.

Biji benihnya dapat digunakan sebagai produksi minyak. Minyak yang didapat dari biji kwaci digunakan untuk memasak, makanan hewan maupun campuran cat. baca juga minyak zaitun

Jenis Bunga Matahari

Bunga Giant Sungold

Bunga matahari Giant Sungold
Bunga matahari Giant Sungold via blogspot

Bunga Earthwalker

Bunga-Matahari-Earthwalker via cara menanam
Bunga-Matahari-Earthwalker via cara menanam

Bunga Fiesta Del Sol

Bunga matahari Fiesta Del Sol via garden kebun
Bunga matahari Sun Flower Fiesta Del Sol via garden kebun

Bunga Velvet Queen

bunga matahari velvet queen
bunga matahari velvet queen

Bunga Pacino

Bunga matahari Pacino
Bunga matahari Pacino

Bunga Music Box

Bunga matahari Music Box
Bunga matahari Music Box via pinterest.co

Bunga Teddy Bear Sun

sunflower teddy bear
sunflower teddy bear

Bunga Big Smile Sun

bunga matahari big smile
bunga matahari big smile

Bunga Cherry Rose

Bunga matahari Cherry Rose via pinterest
Bunga matahari Cherry Rose via pinterest

Bunga Early Russian

bunga matahari early russian via vsetkounas
bunga matahari early russian via vsetkounas

Cara Menanam Tanaman Bunga Matahari

Menyiapkan benih

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kembang matahari ada bervariasi jenisnya, karena itu pilihlah sesuain keinginan jenis yang ingin di budidaya.

Menyiapkan lahan

Sesuai dengan namanya, tanaman yang dapat menghasilkan kwaci ini sangat membutuhkan sinar secara langsung. Maka pilihlah lahan yang terbuka, sedikit sejuk lembab dan tak lupa juga agar memilih tanah yang subur.

Memperhatikan pH

Tanah dengan sedikit asam dan sedikit basa sangat bagus untuk Helianthus annuus L, dengan kadar pH antara 6,0 – 7,5.

Proses menanam

Perhatikan hal ini, atur jarak antara lubang biji satu dengan yang lain minimum 40-50 cm. Agar ketika tumbuh tidak terlalu renggang maupun berdekatan.

Basahi tanah yang akan digali sedalam 1 cm. Lalu  masukan  1-2 benih dalam setia.

Penyiraman dengan air

Tanaman yang tumbuh secara elastis ini dapat menyerap air secara baik, oleh karena itu penyiraman rutin sangatlah baik dilakukan pagi sore, namun bila terlalu banyak air juga tidak baik sesuaikan dengan kadar kebutuhan.

baca : terbukti khasiat jahe yang tak banyak diketahui

Pemberian pupuk

Memberi pupuk pada bunga kwaci bertujuan agar tumbuh subur dan terbebas dari hama. Lakukan secara rutin berkala perhatikan pupuk setiap sepekan sekali.

Perawatan

Perhatikan pertumbuhan biji, akan terlihat berkembang setelah 2 pekan. Selang beberapa bulan akan tumbuh menjadi besar dan selalu perhatikan cabang batang, potong yang tumbuh secara tidak teratur agar terlihat rapi.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan menjadi taman yang indah nan menyejukkan.

Kebun Taman Bunga Matahari Di Indonesia

Kebun Bunga Matahari, Bantul

kebun bunga matahari
kebun bunga matahari

Tepatnya di Dukuh Tegalsari, Srigading, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Tempat tersebut yang tak jauh dari pantai Samas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang, dengan indahnya kebun bunga biji kwaci dan murahnya tiket masuk, hanya Rp 5000,- /orang.

Megastar, Batu

bunga matahari megastar
bunga matahari megastar

Peternakan kuda Megastar, termasuk usaha pengelolaan yang dilakukan oleh perhutani bersama PT. Megastar. Yang keduanya bekerjasama dalam pembangunan wisata dengan tema alam hewani.

Dengan dipandu oleh Tour guide anda yang berkunjung di sini akan diarahkan dan dijelaskan mengenai peternakan kuda. Dan tak lupa kita juga disuguhkan taman sun flower yang ada di sekitar Megastar.

Hanya dengan mengocek kantong Rp 25.000,-  anda dapat menikmati peternakan kuda plus taman bunga kuning cantik sun flower.

Beejay Bakau Resort, Probolinggo

Beejay bakau resort - kebun bunga matahari
sengaja – kebun bunga matahari – tak ditampakan biar penasaran ingin ke sana

Meskipun di Beejay bakau resort merupakan kawasan hutan bakau. Namun di dalamnya juga terdapat kebun bunga matahari yang indah. Tak heran bila pecinta bunga matahari berkunjung ke hutan bakau yang terletak di Kabupaten Probolinggo ini. Untuk anda para fotografer boleh dicoba fotoin bunga matahari dan model anda di sini. Ehh ya untung prewedding juga oke lho.

Selain berwisata di bakau dan kebun sun flower kita juga dapat menikmati pantai berpasir putih, water boom, flying fox dan sebagainya.

Kebun Bunga Kediri

kebun bunga matahari
kebun bunga matahari

Berawal dari proyek perencanaan kota, kebun bunga ini diadakan dengan tujuan mengisi lahan kosong agar terisi oleh suasana yang lebih sejuk. Dan bertujuan untuk mengurangi polusi pencemaran udara.

Namun dengan berjalannya waktu ternyata kebun bunga matahari yang beralamat di Jalan Selo Magelang 143, dekat gedung BNN, kabupaten Kediri, Jawa Timur ini memiliki daya tarik tersendiri. Alhasil banyak warga baik dari kalangan muda mudi ataupun orang tua juga berselfie dan sangat menikmati adanya bunga-bunga matahari tersebut.

Taman Dewari, Magelang

bunga matahari - cerah nan indah
bunga matahari – kalau liburan ajak pasangan jangan mantan – via google

Suasana rindangnya kebun bunga di sini sangat menyejukkan mata nan mempesona. Warna kuning pada kembang matahari yang diimbangi dengan penghijauan pada persawahan sekitar membuat lebih pandangan lebih berwarna. Apalagi bila datang di pagi hari lebih menggoda jiwa dengan sejuknya embun pagi di Dewari.

Di taman yang terletak di Kradenan Kalikuning, Baturono, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang ini juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga selain menghilangkan suntuk dan tak jauh dari tempat wisata yang lain seperti Candi Borobudur dan lainnya.

Dewari sendiri sudah menjadi buronan bagi para fotografer, karena memiliki spot yang terbilang bagus bagi para pemegang kamera. Tak sedikit juga para selfiers (penggemar selfi) yang datang ke Taman ini lalu mereka upload ke sosial media mereka agar up to date.

Ingat ketika selfi foto di kebun jangan pernah merusak tanaman yang ada, lebih baik mencegah daripada kena bully,hehe.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *