Buah Bit, Umbi – Sayur Yang Disebut Buah | Manfaat dan Cara Mengkonsumsinya

buah bit - manfaat buah bit

Buah bit, walaupun namanya diawali dengan kata “buah”, buah bit bukanlah jenis buah-buahan. Buah bit ialah tanaman sayur dengan umbi berwarna merah ke-ungu-an yang tumbuhnya di dalam tanah. Meskipun kita dapat mengolah daun nya menjadi sayur, namun umbi tanaman bit justru lebih dikenal banyak orang karena kandungannya berkhasiat bagi kesehatan.

Sehingga yang dimaksud buah bit adalah akar umbi dari tanaman bit (beetroot) yang berwarna merah pekat ke-ungu-an. Buah bit bukanlah jenis sayuran asli Indonesia, melainkan berasal dari kawasan Amerika. Namun, anda tak perlu khawatir, karena buah bit tersedia di swalayan besar di Indonesia.

Kandungan Buah Bit

Buah bit memiliki kandungan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut komponen gizi dalam bit dan manfaatnya bagi tubuh:

  • Kalium, yang dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.
  • Protein dan Asam Folat, membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.
  • Kalsium, berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Zat Besi, membantu metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.
  • Serat, baik untuk pencernaan.
  • Vitamin C, memperlancar aliran darah dan menumbuhkan jaringan.
  • Fosfor, memperkuat tulang.
  • Magnesium, berfungsi membantu fungsi otot dan syaraf tetap bekerja.
  • Tembaga, membentuk sel darah merah.
  • Betasianin dan Caumarin yang dapat mencegah tumbuhnya tumor dan kanker.
  • Dan kandungan lain seperti Triptofan, Vitamin A, Vitamin B1, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Buah Bit

buah bit
buah bit source fruit.mn.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah bit sangat bagus bagi kesehatan. Seperti sayuran lain, buah bit memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat memperlancar dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika anda merasa ada masalah dengan pencernaan, jus buah bit bisa menjadi solusinya.

Dengan meminum jus buah bit dengan dicampur jus jeruk nipis atau lemon akan membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut. Selain itu juga dapat menjadi solusi konsumsi bagi anda yang ingin diet, alami sehat dengan jus tersebut.

Menjaga kesehatan jantung dan Mengatasi hipertensi

Menurut  hasil penelitian yang telah dilakukan American Heart Association terhadap buah bit, membuktikan bahwa kandungan nitrat di dalamnya dapat mengontrol tekanan darah. Dengan  cara meminum jus bit juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dalam waktu kurang dari 10 jam.

Menurut penelitian lain, Barts and London School of Medicine tak hanya dengan jus bit saja untuk menyehatkan jantung dan mengatasi hipertensi, dengan melepasnya pembuluh darah sehingga aliran oksigen dan darah lebih lancar.  Selain itu kita dapat juga memakan sayuran lain yang mungkin lebih kita sukai sebagai pensuport lain dalam menjaga kesehatan jantung.

Cara membuat jus buah bit – Antioksidan ampuh.

1 batang wortel dipotong kecil-kecil, lalu potong juga buah bit, tambahkan 2 batang selederi dan sedikit bayam lalu blender. Siap diminum, sehat alami.

Mencegah kanker

Selain minyak zaitun, ternyata buah bit juga dapat mencegah kanker. Warna merah pada buah bit terdapat pigmen betacyanin yang senyawa tersebut telah terbukti dapat mencegah berkembangnya sel kanker secara radikal. Maka jangan ragu lagi konsumsi buah bit agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Meningkatkan stamina

Olahraga sering cepat capek, loyo, stamina kurang? Ini solusinya, kandungan nitrat buah bit yang diolah menjadi jus dapat meningkatkan oksigen dan mengurangi membatasi keluarnya oksigen sehingga mampu ber-olahraga dengan waktu yang lebih panjang. Dengan peningkatan 16% dari yang tidak mengkonsumsi jus bit sebelum ber-olahraga.

Selain menambah stamina jus bit juga membantu orang yang memiliki penyakit pada pernapasan, karena dengan mengkonsumsi nya secara teratur akan menstabilkan oksigen yang dikeluarkan dari paru. Dengan catatan mengkonsumsi dengan kadar yang wajar tidak berlebihan.

baca juga manfaat buah naga, buah naga merah untuk kesehatan

Meningkatkan sistem imun

Dengan mengkonsumsi jus bit di sore hari bersama keluarga, akan dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan lah yang memberi kekuatan untuk melawan virus dan bakteri pemicu timbulnya penyakit.

Maka jangan lewatkan waktu luang anda bersama dengan keluarga, dengan cara meminum jus bit secara bersama. Keluarga senang (dapat berkumpul bersama di sore hari) tubuh pun sehat.

Mengatasi masalah rambut ketombe

Dengan merebus buat bit dengan ditambahkan sedikit cuka,lalu dinginkan sebentar.  Kemudian oleskan air rebusan bit + cuka ke rambut kepala dengan cara dipijat. Setelah pemijatan rata dan selesai biarkan selama 3-4 jam, lalu bilas dengan air sampho hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal, seminggu 2 kali. cara ampuh menghilangkan kutu rambut

Sebagai pewarna makanan

Aman tanpa kimia, tanpa efek samping. Kandungan pigmen betacyanin dapat menghasilkan warna merah cerah sehingga dapat digunakan sebagai pewarna alami makanan. Seperti  pewarna pada kue basah, ataupun kue kering, jelly dan es krim.

Cara Mengolah Buah Bit Menjadi *Jus Buah Bit

jus buah bit
jus buah bit – bisa dicoba di rumah mudah kok

Jus buah bit + wortel

Bahan :

Satu buah bit dan wortel, apabila ingin menambahkan brokoli tidak mengapa cukup sedikit saja sebagai sayur tambahan agar lebih mantap.

Cara membuatnya : Kupas bit dan wortel, lalu potong kecil dan mixer semua secara bersamaan dengan ditambah sedikit air. Setelah selesai ambil air dari sari jus sayuran tersebut dengan di saring pada gelas.

Jus bit + lemon

Bahan :

1 butir bit, 1 wortel dan 1 jeruk lemon

Cara membuatnya : Potong kecil-kecil bit dan wortel lalu mixer atau blender dengan ditambahkan sedikit air. Setelah halus saring agar jus tekstur lebih lembut, kemudian peraskan jeruk lemon pada jus dan siap untuk disajikan.

baca juga  10 manfaat jahe, selain sebagai penghangat tubuh

Jus bit + strawberry

Bahan :

1 butir bit, 1 wortel dan 2 buah strawberry

Cara membuatnya : Potong kecil-kecil bit,wortel dan strowberry. Tambahkan 50-100 ml air lalu mixer atau blender. Setelah halus saring agar jus tekstur lebih lembut, dan siap untuk dikonsumsi.

Jus bit + kurma

Bahan :

1 buah bit, 2 atau 3 butir kurma dan sirup + yougurt (bisa diganti dengan madu) dan air 180 ml

Cara membuatnya : Potong kecil-kecil bit, pisahkan isi kurma dan buahnya, lalu mixer menjadi satu bersamaan dengan sirup / madu dan air 180 ml. Jus bit kurma siap saji.

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: