Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah Dan Menyenangkan

belajar menulis bahasa inggris via wayahna

Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Menyenangkan,wAYAHna – Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi sangat maju sehingga semakin mempersempit hubungan antar negara. Yang paling menonjol ialah adanya perdagangan bebas. Apalagi di masa MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) saat ini, semakin banyak perusahaan asing berdiri di Indonesia, juga semakin bebasnya pekerja asing yang masuk ke Indonesia, hal itu membuat persaingan dalam  mendapat pekerjaan semakin sulit.

Sehingga, selain dituntut memiliki pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni, penguasaan bahasa inggris sangat diperlukan. Sederhana saja, jika kita dapat berbahasa inggris secara lancar, maka kita juga akan mampu berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai negara lain, mengingat bahasa inggris merupakan bahasa internasional.

Kemudian, pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana cara belajar bahasa inggris? Padahal bidang pekerjaan atau studi kita bukan bahasa inggris, bahkan tidak ada hubungannya dengan bahasa inggris. Karena bahasa adalah alat komunikasi, maka cara cepat untuk menguasainya ialah dengan berinteraksi  dengan masyarakat pengguna bahasa tersebut secara langsung. Sehingga kita akan terbiasa menggunakannya dan cepat menguasainya. Tapi? Haruskah orang Indonesia harus ke luar negeri untuk belajar bahasa inggris?

Lalu, bagaimana cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat tanpa harus pergi ke luar negeri? Memang untuk mendapatkan sesuatu itu membutuhkan usaha yang besar, juga proses yang panjang. Namun, dengan cara-cara yang menyenangkan akan membuat proses belajar menjadi lebih cepat dan mudah. Berikut kita akan mengulas beberapa cara belajar bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan.

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Mudah Dan Menyenangkan

belajar bahasa inggris
belajar bahasa inggris -musik inggris – efektif menambah kosakata dan listening

Belajar bahasa inggris dengan Lagu inggris

pertama, Cara belajar bahasa inggris dapat dilakukan dengan menjadikan kegiatan mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris sebagai hobi.  Sembari menikmati alunan musik, kamu dapat melatih keterampilan bahasa inggris mu.

Pertama, kamu bisa memilih penyanyi dan jenis musik yang menjadi favoritmu. Kemudian dengarkan dengan relax dan pahami lirik lagu yang diucapkan si penyanyi.  Putar lagu secara berulang-ulang, kemudian coba tulis lirik lagu yang bisa kamu tangkap. Setelah lirik lagu complete, kamu bisa mencocokkan nya dengan lirik lagu yang asli, biasanya tersedia di internet.

Setelah mengoreksi lirik lagu yang didapat, coba pahami isi lagu dengan menerjemahkan lirik lagu itu. Jika kamu mendengarkan lagu itu terus menerus dan paham maknanya, lama-kelamaan kamu akan hafal dan ikut menyanyikannya. Setelah itu coba lagu baru, begitu seterusnya. Semakin  kamu sering melakukannya, kamu akan menjadi terbiasa dengan kosakata dan pelafalan bahasa inggris. Belajar sambil bernyanyi sangat menyenangkan, bukan?

Jadwalkan menonton serial TV atau film berbahasa inggris setiap waktu luang

cara belajar bahasa inggris - menambah kosakata dengan menonton film barat bahasa inggris
cara belajar bahasa inggris – menambah kosakata dengan menonton film atau serial tv berbahasa inggris

Hampir semua orang pastinya suka menonton serial TV dan film, apalagi film-film Hollywood, yang terkenal memiliki kualitas bagus. Kamu juga harus tahu kalau serial TV dan film berbahasa inggris juga dapat menjadi media belajar bahasa inggris yang menyenangkan. Selain menjadi kegiatan refreshing, menonton serial TV dan film dapat membantumu menambah kosakata baru. Berbeda dengan mendengarkan lagu yang biasanya menggunakan bahasa puitis, percakapan bahasa inggris sehari-hari akan kamu temui dan pelajari dari film. Sehingga, semakin sering kamu menonton, maka kamu akan terbiasa dengan kalimat-kalimat dalam bahasa inggris yang dapat kamu praktekan langsung dalam keseharian.

Untuk awalan kamu bisa menggunakan subtitle untuk memahami jalan cerita serial TV atau filmnya. Lalu, cobalah menonton tanpa subtitle untuk melatih kepahamanmu terhadap apa yang diucapkan para tokoh dalam serial TV dan film tersebut dengan fokus pada kata yang kamu ketahui dan menerka-nerka kata dari yang tidak kamu ketahui. Cara tersebut akan meningkatkan kemampuan listening mu.

Tapi, bagaimana kalau hobinya menonton serial atau movie Thailand, Korea, atau Jepang? Drama dan film Asia, terlebih Korea saat ini sedang digandrungi masyarakat, mungkin termasuk kamu. Namun, hal itu juga dapat dimanfaatkan. Menonton drama dan film Korea dengan subtitle bahasa inggris dapat menambah kosakata, sekaligus belajar struktur kalimat (grammar) karena dengan membaca subtitle sama seperti kamu sedang membaca cerita.

read more : pencemarahn lingkungan – udara sehat segar untuk masyarakat Indonesia

Membaca teks berbahasa inggris secara rutin

Cara belajar bahasa inggris dengan cepat juga dapat kamu lakukan dengan reading habit. Namun, dalam rangka meningkatkan penguasaan bahasa inggris, kamu sebaiknya membaca teks cerita, berita, ataupun artikel dengan suara keras. Hal itu dimaksudkan agar selain menambah kosakata baru, kamu juga melatih pengucapan dalam bahasa inggris (pronunciation).

Kamu bisa memulai dengan membaca bacaan yang ringan seperti buku cerita pendek bergambar. Kenapa tidak langsung membaca novel atau teks panjang? Belajar dengan cerita bergambar akan membuat kamu jadi lebih mudah mengingat kosakata karena masih sederhana. Namun, jika kamu merasa hal tersebut kurang menantang, maka kamu bisa membaca cerita pendek, novel, atau artikel berita dengan suara keras juga tentunya. Setelah cukup terbiasa dengan kosakata baru, kamu bisa mulai memperhatikan grammar-nya.

Lakukan kegiatan membaca secara rutin. Berbeda dengan  mendengar musik atau menonton  film, kegiatan membaca memang membuat otak bekerja lebih keras serta memperkuat daya ingat. So, membaca menjadi cara belajar bahasa inggris paling efektif.

Belajar Bahasa Inggris Secara Tekun

Berlatih menulis dalam bahasa inggris

belajar menulis bahasa inggris
belajar menulis bahasa inggris

Cara belajar bahasa inggris dengan berlatih menulis dalam bahasa inggris bukan berarti kamu langsung membuat satu karangan cerita atau artikel utuh, kamu hanya perlu menulis hal-hal sederhana seperti diary harian. Untuk awalan kamu hanya perlu pembiasan menggunakan bahasa inggris dalam segala hal, termasuk menulis agar kamu terbiasa berpikir dalam bahasa inggris.

Bagaimana dengan masalah grammar? Jangan terlalu khawatir tentang grammar. Yang penting kamu menulis sesuai dengan kemampuanmu. Tulis apa saja yang terlintas di kepala. Baru kemudian, kamu bisa mengecek spelling dan grammar-nya, memperbaiki bagian yang salah.Usahakan menyisipkan kosakata baru yang kamu peroleh karena jika kamu sering melakukannya, kamu akan lebih cepat mengingatnya.

Bergaul dengan orang-orang yang menguasai bahasa inggris dan bergabung dengan komunitas pengguna bahasa inggris

Seseorang dapat dinilai menguasai bahasa inggris jika bisa berbicara dalam bahasa inggris dengan lancar. Karena pada dasarnya cara-cara yang dibahas sebelumnya bertujuan agar seseorang memiliki bekal untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris, menggunakannya dalam percakapan dengan orang lain.

Maka dari itu, cara belajar bahasa inggris dapat dilakukan dengan bergaul dengan orang yang menguasai bahasa inggris. Yang pertama, hal itu dapat memotivasimu dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan berbahasa inggrismu. Dan yang tak kalah penting, yaitu untuk menjadi rekan berlatih speaking. Jika kamu bergabung dengan komunitas pengguna bahasa inggris, maka intensitas penggunaan bahasa inggrismu pun akan meningkat. Dijamin, kamu akan bisa lancar berbicara dengan bahasa inggris dengan cepat.

Bagaimana jika belum lancar berbicara bahasa inggris, sementara teman yang lain sudah fasih? Jangan minder, tekad dan kemauan belajar sangat diperlukan dalam hal ini. Kamu hanya perlu sedikit memaksakan diri untuk selalu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Semangat!

baca juga

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: